Metode Elemen Batas: Perkenalan

Metode Elemen Batas atau Boundary Element Method (MEB), adalah salah satu dari banyak metode numerik berbasis diskritisasi untuk menyelesaikan persamaan diferensial dengan kondisi batas (boundary conditions) tertentu.

Berbeda dengan beberapa pendahulunya seperti Metode Beda Hingga (Finite Difference Method) dan Metode Elemen Hingga (Finite Element Method) yang menyelesaikan problema berbasis diskritisasi pada domain, MEB -identik dengan namanya- memecahkan kasus dengan diskritisasi pada batas (boundary). Salah satu keunggulan dari metode ini adalah fleksibilitasnya dalam memilih nilai internal domain yang akan diselesaikan.

Penggunaan MEB sebagai solusi problema fisis yang berbasis persamaan diferensial sudah banyak dilakukan di kalangan engineer dan saintis dunia. Dengan berbagai karakterisitk uniknya, MEB menjadi metode numerik yang handal dalam beberapa kasus fisis. Tidak berlebihan,  portal ini akan memberikan pengenalan dan wawasan mengenai MEB kepada para pembelajar demi percepatan perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s